<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d396757341082504526\x26blogName\x3dIngoGaya+Hiburan\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://infogaya-hiburan.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3din\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://infogaya-hiburan.blogspot.com/\x26vt\x3d1088443110886478575', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Jumat, 04 Januari 2013

Ajang Cipta Lagu Anak (ACILA) Indonesia 2012

Indomaret Jakarta, 4 Januari 2013 - Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sejak era tahun 70-an sampai 90-an, sudah banyak bermunculan penyanyi-penyanyi cilik Indonesia yang memberi warna kreatif pada dunia anak. Dan lagu-lagu yang dipopulerkan benar-benar disambut hangat oleh anak Indonesia karena sangat mudah diingat, mudah dihayati, mudah dilakugkan dan yang paling penting sesuai dengan perkembangan jiwa anak. Sebut saja lagu-lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi cilik di era 70-80-an, seperti Nanin Sudiar, Anita Tourisia, Bu Kasur, Pak Kasur, Ira Maya Sopha, Santi Sardi, Chicha Koeswoyo, Sari Koeswoyo, Diana Papilaya, Dina Mariana, The Kids (Imaniar & Lydia Noorsaid bersaudara), Adi Bing Slamet, Vien Isharyanto, Yoan Tanamal, Bobby Sandhora Muchsin, Kak Seto dengan Si Komo-nya, dan Fitria Sukaesih. Kemudian berlanjut dengan kelahiran penyanyi cilik era 90-an, mulai dari Enno Lerian, Puput Melati, Bondan Prakoso, Tasya, Sherina, sampai Tina Toon.

Ajang Cipta Lagu Anak (ACILA) Indonesia 2012
(Indonesian Children Pop Song Composition Festival 2011)
Jakarta, 14 Mei 2011

Cerialah Laguku, Bersinarlah Duniaku..!

Namun ada masa dimana era penyanyi cilik ini menghilang, dan mereka yang berbakatpun seolah kehilangan wadah untuk berprestasi dan berkiprah. Baru pada tahun 2000-an muncul kembali berbagai ajang pencarian bakat menyanyi yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak seperti AFI Junior, Mamamia dan Idola Cilik, satu-satunya yang masih berkibar sampai sekarang di salah satu stasiun TV swasta.

Tragisnya, dalam perjalanan yang hanya terpatu 10 tahun tersebut, blantika musik anak Indonesia mengalami lompatan yang begitu jauh dimana tidak ada lagi kontestan penyanyi cilik yang tampil menyanyikan lagu-lagu bernuansa anak. Hampir 90% peserta aneka lomba pasti membawakan lagu-lagu dewasa yang sedang populer saat ini. Hal yang lebih menyedihkan lagi, secara de facto 80% anak Indonesia usia balita (Playgroup dan TK) sekarang hanya mengenal sedikit lagu-lagu anak konvensional seperti Balonku, Cicak-cicak Di Dinding, Burung Kaka Tua, Nina Bobo, Topi Saya Bundar, Pelangi, Bintang Kecil, Satu-satu Aku Sayang Ibu, Bangun Tidur, dan Naik Kereta Api. Padahal sesungguhnya ada ribuan lagu-lagu selain lagu-lagu "wajib" tersebut yang memang tidak dipopulerkan lagi di sekolah Playgorup dan TK.

Maka ACILA Indonesia 2012 ini, sebagai kelanjutan dari ACILA Indonesia 2011, dilaksanakan kembali untuk memberikan penyegaran dan alternatif baru bagi lagu-lagu anak Indonesia usia sekolah (SD dan awal SMP) yang bisa menjadi rujukan yang kreatif, harmonis, edukatif dan sesuai dengan tahap usia, pemahaman, perasaan dan pola pikirnya.

ACILA Indonesia 2012 :

ACILA Indonesia 2012 sudah dipersiapkan sejak tahun 2012 lalu, dan sebagaimana juga ACILA Indonesia 2011 silam, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dan dilaksanakan secara nasional bagi semua kalangan masyarakat Indonesia yang berbakat menciptakan lagu, khususnya lagu pop Indonesia anak, tentunya dengan mengikuti semua prasyarat yang sudah ditentukan. Melalui situs www.indonesia.com, maka para peserta dapat mempersiapkan semua persyaratan dan mengirimkan karya mereka ke alamat yang sudah ditentukan.

Tantowi Yahya, Ketua Umum PAPPRI menyatakan bahwa "Melalui ajang ini, kami juga ingin menciptakan sebuah budaya untuk melakukan pengecekan ulang/evaluasi tentang kerjasama yang selam ini dilakukan oleh semua label atau perusahaan rekaman dengan para pencipta lagu terutama persoalan hak cipta para konmposer lagu yang digunakan oleh berbagai media seperti ring-back tone dan CD. Sehingga kesejahteraan para pencipta lagu juga dapat menjadikan hidupnya sejahtera dan ciptaannya dapat meningkatkan martabat dan jati dirinya", ujarnya mantap.

Melalui ajang lomba cipta lagu ini, seluruh jajaran Panita Pelaksana Ingin menjadi pihak yang selalu yang menunjukkan kepeduliannya kepada masalah penciptaan lagu-lagu baru anak pop Indonesia yang lebih populer, yang akan disukai oleh industri, juga televisi dan radio, sehingga anak-anak Indonesia bisa memiliki lebih banyak pilihan lagu untuk dinyanyikan dan bangga menyanyikannya, diluar lagu-lagu anak yang sudah ada sampai sekarang.

Dalam perkembangannya, Tika Bisono, Ketua Umum ACILA Indonesia 2012 menegarkan bahwa, "Ajang Lomba Cipta lagu Anak atau ACILA Indonesia 2012 ini dilaksanakan untuk memberikan penyegaran dan alternatif baru bagi lagu-lagu anak pop Indonesia yang bisa menjadi rujukan yang kreatif, harmonis, dan edukatif agar proses tumbuh kembang anak dapat sesuai dengan usia dan tahap perkembangan mereka, baik secara fisik/biologis, psikologis, psikososial, mental, perilaku, perkembangan kepribadian, nilai kehidupan dan spiritual serta tentu saja intelegensi musikalnya. Secara keseluruhan hal ini dapat membantu anak untuk membangun karakter dan menguatkan akar budayanya", katanya di sela perbincangan.

Rangkaian pelaksanaan kegiatan :

Adapun persiapan pelaksanaan telah dimulai sejak tahun 2012 dan tata cara serta tata laksana akan disebarkan melalui media promosi seperti e-mail, flyer, pengumuman melalui media cetak, media elektronik televisi dan radio. Entries sudah diterima paling akhir minggu pertama bulan Maret 2012 cap pos. Sementara penjurian akan dilaksanakan pada awal bulan April 2012 sampai tersaring 12 karya lagu finalis.

Dengan demikian pengumuman pemenang grand final akan dilangsungkan pada hari Sabtu, tanggal 27 April 2012 pada Malam Final & Anugerah ACILA Indonesia 2012 yang akan dilaksanakn di Balai Sarbini, Jakarta.

Setelah acara Final tersebut, kedua-belas finalis ACILA Indonesia 2012 akan masuk kedalam kegiatan rekaman, promosi dan sosialisasi album ACILA Indonesia 2013 (bersama album ACILA Indonesia 2011) ke kota-kota besar di Indonesia.

Dan dala visi dan perencanaan kedepannya, alum ACILA Indonesia 2013 ini bersama dengan album ACILA I*ndonesia 2011, insya Allah akan dibawa kearah produksi film musikal anak Indonesia untuk mengisi masa liburan anak Indonesia, pada tahun 2012 yang akan datang.

Sebagai Ketua Umum ACILA Indonesia 2012, Tika Bisono, menekankan harapannya, "Kita harus berterima kasih dan penghargaan yang tinggi tentunya kita haturkan kepada para komposer besar lagu anak Indonesia seperti Bapak AT mahmud, Pak Kasur, Ibu Sud, dan masih banyak lagi yang sudah mewarnai dunia anak Indonesia melalui lagu dan musik. Semoga ACILA Indonesia 2013 akan melahirkan generasi baru penerus pahlawan-pahlawan dunia musik dan lagu anak Indonesia seperti Bapak AT Mahmud, Pak Kasur, Bu Kasur, Ibu Sud dan para komposer besar lainnya", menutup perbincangan.

Salan Musik Anak Indonesia!

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda